Run, Baby, Run!

Standard

Cher!

You were born to run. Maybe not that fast, maybe not that far, maybe not that efficiently as others, but to get up and move, to fire up that entire energy-producing, oxygen-delivering, bone-strengthening process we call running. – Florence Griffith Joyner

Gatau sejak kapan tepatnya saya mulai suka sama olahraga sejenis ini, karena seinget saya, dulunya olahraga yang betul-betul saya suka cuma renang. Sepedaan sama lari hmmm bisa dibilang saya lakukan karena ‘ada udang di balik bakwan‘. Sepedaan cuma karena dibeliin sepeda, sayang kalo ga dipake sepedanya 😀 Lari juga, karena mau tes lari jaman TPB, karena mau interaksi himpunan, karena buat medcheck, dll.

But, currently, I do love running. Saking senengnya, kadang-kadang dilakukan 2x, 3x, bahkan 4x dalam seminggu haha. Nah, di postingan ini saya mau cerita: saya udah pernah cobain lari di mana sajakah?

1.  Kantor Pusat PT. Pertamina

2015-07-27 13.50.44

Jadi begini cara bacanya (siapa tau ada yang bingung, tapi bisa jadi yang nulis lebih bingung daripada yang baca hehe): 17 April 2015 jam 6.23 pagi saya lari dengan total jarak 3.15 km (5 laps), ditempuh dalam waktu 21 menit 28 detik. Kalori yang dibakar selama lari kira-kira 136 calories. Pace lari saya pada saat itu: 6 menit 49 detik per kilometer nya.

Lari kali ini adalah lari dalam rangka mengikuti running event yang diadakan oleh PT. Pertamina, untuk menyambut Hari Kartini 2015.

2. Monas

2015-07-27 13.51.28 2015-10-25 19.54.26

Untuk cara pembacaannya, idem 🙂 Jadi, di Monas ini ada beberapa ukuran track. Untuk lari, saya baru pernah mencoba 2 ukuran track: track #3 (penamaan ini sesuka hati saya yaa) di gambar kiri, which one lap gives a distance of 1.80 km; dan track #2 di gambar kanan, which one lap gives a distance of around 1.1 km (4.02 km, it means saya lari sekitar 3.5 laps).

2015-07-27 19.52.24

Nah kalau untuk jalan sehat, saya baru mencoba track paling luar Monas (track #5), which one lap gives a distance of possibly 5 km. Saya berjalan ga sampai 1 lap (almost 1 lap, a few more), sekitar 4.74 km, dalam waktu 1 jam 10 menit 6 detik, dengan kecepatan 5.4 km/jam, dan pace 15 menit 48 detik per kilometer. Total langkah saya sekitar 102 langkah (tapi agaknya untuk bagian yang ini kurang valid) dan kalori yang dibakar selama berjalan kira-kira 210 calories.

2015-11-28 18.09.24

Anyway, ini adalah rute lari yang paling sering saya lakukan nowadays, karena unfortunately pintu Monas yang di seberang Gedung Pertamina Pusat ditutup permenanently hiks.

Lari dimulai dari seberang kantor sampai pintu Monas di seberang Istana Presiden, kemudian balik lagi. Kenapa cuma lari segitu? Kenapa ga sekalian kelilingin Monas nya aja? Karenaaaa…… biasanya saya lari after office hours kalo mau Zumba. Kebetulan kantor tempat saya bekerja pulangnya jam 4 sore, jadi jam 4 teng saya turun, lari ke Monas, jam setengah 5 sampai lagi di kantor, kemudian saya Zumba deh 😀

3. Stadion GBK

2015-07-27 13.52.04 2015-07-27 13.53.19

Ini dia yang hampir selalu crowded, terlebih di Sabtu pagi. Di GBK ini, (menurut pendapat pribadi saya) lebih enak untuk lari malam hari, karena runners nya ga sebanyak kalo lari pagi-pagi, terus gaada orang-orang yang senam sampai nutupin jalan juga kalau malam hari.

4. CFD (Sudirman)

2015-11-28 17.48.58

Nah, menurut saya ini adalah the most enjoyable track compared to others. Kenapa? Hmmm karena track nya lurus, jadi ga kerasa ternyata udah lari sejauh itu 😀

5. Taman Langsat

2015-07-27 13.54.22

Ini dia venue baru rekomendasi dari kakak Sate (makasi Sateee!). Agak-agak ga paham sih kenapa tampilan nike run nya begini. Karena signal GPSnya jelek kali ya? Entahlah….. Lari 3 keliling di taman yang rindang dan track nya naik-turun (ga datar, serasa lagi di Bandung) ternyata asik juga.

6. Saraga, Bandung

Jaman-jamannya belum kenal sama aplikasi nike run. Kalo saya pribadi agak-agak kurang suka sih lari disini, karena berdebu banget. Ini adalah track lari betulan di pinggir lapangan bola. Mungkin kapan-kapan kalo lagi ke Bandung dan pengen lari, bisa dicoba lari sambil tracking di nike run.

7. Lapangan Banteng

2015-10-25 19.53.00

Lucu deh ini larinya di tengah kota, maksudnya sebelahan banget sama jalan raya, dan karena sama dengan Saraga, yaitu track lari betulan di pinggir lapangan bola, jadi sama-sama berdebu dan bikin sepatu kotor hiks. Track lari di Lapangan Banteng ini suka rame sama (kayanya) atlet-atlet muda yang lagi latihan, btw mereka pada keren-keren bangeeet stamina nya (yaiyalah! haha).

8. Sekitar Kosan (Karet Setiabudi)

2015-10-25 19.52.202015-10-25 19.51.47

Hmmm signal di daerah ini emang suka rada-rada, jadi tracking lokasi yang dilakukan nike run pun hasilnya keriting begitu hehe. Honestly, agak takut sih sama track nya. Yap! Track, yang mana adalah jalanan aspal buat kendaraan lewat juga, sempiiiit. Tapi gapapa, yang penting selalu hati-hati aja yaaa, dan ini enak banget lokasinya, karena tinggal buka pintu gedung kosan, sampe deh 😀 Keluar kosan, pemanasan bentar, yuuu mulai lari.

Bon, sekian dulu cerita tentang lari nya…..

Remember, the feeling you get from a good run is far better than the feeling you get from sitting around wishing you were running. – Anonymous

See you, xoxo

2 responses »

Leave a Reply

