Jakarta City Tour Bus, Galeri Nasional, Kota Tua, Museum Wayang, Museum Fatahillah, Museum BI

Standard

Le 16 Aout 2014, un jour avant le jour de l’independance de l’ Indonesie. Pour celebrer ce jour (hari ulang tahun RI yang ke-69) 😀 maka saya bersama 6 ceciwi GEA lainnya (Kiki, Efrin, Nia, Fusi, Tata, dan Feby) jalan-jalan keliling kota Jakarta, bukan ke mall loh yaa hihi.

‘Meeting point’ di pagi itu adalah Halte Busway Tosari ICBC yeah! Pukul 9 lewat-lewat dikit lengkap sudah seluruh participant tour hari ini. Tujuan pertama adalah halte city tour bus (double-decker bus) di depan hotel Grand Hyatt. Tak perlu menunggu lama di halte, bus pun datang, dan kami langsung menuju au 2e etage. Gratuit!

1408197416599

Di dalam city tour bus (Kiki, Sabi, Efrin, Nia, Fusi, Feby, Tata)

Kami pun melewati (disebutkan dengan tidak sesuai urutan perjalanan) Bank Indonesia, Hotel Sriwijaya, Monas, Jalan Veteran, Harmoni, Istana Negara, Istana Merdeka, Museum Gajah, dll. Perjalanan dengan bus ini pun berakhir di halte city tour bus dekat US Embassy. Lalu, kami melanjutkan perjalanan ke Galeri Nasional (Jalan Medan Merdeka Timur, seberang Stasiun Gambir).

1408197419983

Di depan maskot Galeri Nasional (Feby, Sabi, Kiki, Tata, Efrin, Fusi, Nia)

Saat itu kami hanya mengunjungi Gedung A saja. Di dalam Gedung A terdapat bermacam tipe lukisan (tapi lupa jenis alirannya, bener ga sih namanya aliran? atau tipe atau apa?) dan juga pajangan boneka-boneka kayu (hmmm apa ya namanya, padahal udah minta dijelasin lumayan lengkap sama teman les Perancis saya yang mengambil kuliah dan juga berprofesi sebagai pelukis).

Intinya, semua yang saya lihat (sayangnya ga saya foto) di dalam Gedung A ini bagus bangeeeet, tapi kalau saya boleh saran, sebaiknya kalau mau datang ke sini jangan lupa mengajak orang yang seperti teman les Perancis saya itu, jadi lebih asik pasti liat-liatnya kalau sambil dijelasin sama sang ahlinya yeayeay.

Tujuan perjalanan selanjutnya adalah kota tua! Dari Galeri Nasional, kami berjalan kaki ke Halte Busway Gambir 1 (seberang Gedung Pertamina Pusat), kemudian kami turun di Halte Central Harmoni, dan selanjutnya naik busway koridor 1 (Blok M-Kota), dan turun di halte terakhir, Halte Kota. Sesampainya di kota tua, kami makan siang dan solat zuhur dulu di Kedai Seni Djakarte (terletak di kawasan kota tua) karena waktu sudah menunjukkan pukul 12 lewat.

1408197424325

Di dalam Kedai Seni Djakarte (Kiki, Sabi, Nia, Fusi, Efrin, Feby, Tata)

Saat itu, j’ai choisi nasi ayam goreng pake sambel nyamnyamnyam dengan es teh susu dan juga puding cokelat, total semuanya ga sampai 50K, c’est super! Bon marche! Rasa makanannya juga enak 🙂 Delicieux!

Perut sudah kenyang, solat juga sudah, perjalanan pun dilanjutkan menuju ke Museum Wayang dan Museum Fatahillah / Museum Sejarah Jakarta (masih di kawasan kota tua). Harga tiket masuknya kayanya sama-sama 5K/orang. Oyaa, ada peraturan baru di Museum Sejarah Jakarta, para pengunjung tidak diperkenankan mengenakan alas kaki, jadi di dalam museum nya disediakan semacam slippers. Museum ini juga sedang under construction, jadi sedikit berbeda dengan ketika saya berkunjung sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu.

1408197428029

Di dalam Museum Wayang (Tata, Fusi, Sabi, Efrin, Kiki, Feby). Nia sudah pulang duluan setelah makan siang, karena ada janji lain dengan temannya.

Waktu sudah menunjukkan hampir-hampir jam 3 l’apres midi, ainsi kami pun segera bergegas menuju ke Museum BI / Museum Bank Indonesia (keluar sedikit dari kawasan kota tua), ternyata di hari Sabtu Museum BI tutup jam 4 l’apres midi, sementara saat weekdays tutup jam setengah 4 l’apres midi. Museum BI ini baguuuuus banget, tiket masuknya juga gratis, sayang museumnya udah mau tutup, jadi kami cepet-cepet banget tour nya, next time je dois visiter ce musee encore, harus banget!

1408202151930

Di dekat pintu keluar Museum BI (Tata, Sabi, Efrin, Fusi, Feby). Kiki nya hilang.

Selanjutnya, kami pun solat ashar di masjid belakang Museum BI. Masjid nya pun baguuus. Seneng banget deh pokonya di Museum BI 😀 kaya museum-museum di luar negeri (sotoy banget anaknya baru juga pernah sekali ke museum di luar negeri, Science Museum London haha).

Perjalanan hari itu pun berakhir dengan makan malam di Plaza Senayan. Dari kota, cukup naik busway 1x (busway koridor 1), kemudian turun di Halte Busway Bundaran Senayan. Setelah itu, jalan sedikit (bisa motong lewat parkiran Ratu Plaza), ga lama kemudian sampai deh di Plaza Senayan!

Okay, sekian dulu. Semoga tulisan ini will encourage my lovely readers buat ikutan Jakarta Sightseeing Tours juga, jangan jalan-jalan ke mall aja hihi. See ya!

xoxo

Karena “rute busway Galeri Nasional” menjadi salah satu keyword yang paling banyak dicari, maka saya akan memberikan sedikit penjelasan how to reach the gallery by public trasportation. The National Gallery is situated Medan Merdeka Timur street, across the Gambir Station. There are 3 bus-stop near the gallery : Gambir 1, Gambir 2, and Stasiun Gambir; therefore there will be 3 best ways to reach it :

1. naik busway jurusan PuloGadung – Harmoni / PuloGadung – Kalideres, turun di Halte Busway Gambir 1. Dari halte, kalian bisa jalan kaki ke arah Tugu Tani, kemudian menyebrangi jembatan penyeberangan tepat di depan Galeri Nasional (waktu tempuh : 10-15 menit).

2. naik busway jurusan Harmoni – Pulogadung, turun di Halte Busway Gambir 2. Dari halte, kalian bisa jalan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur, kemudian menyebrangi jembatan penyebrangan tepat di depan Galeri Nasional (waktu tempuh : 5-10 menit).

3. naik busway jurusan Lebak Bulus – Senen, turun di Halte Busway (halte kecil) Stasiun Gambir (tepat di seberang galeri), kemudian menyebrangi jembatan penyebrangan (waktu tempuh : < 5 menit).

Sekian update-an dari saya ❤ (20/08/16)

2 responses »

1. Berarti kalo dari kota tua mau ke galeri nasional naik transjakarta jurusan blokm-kota terus turun di harmoni ya?terus lanjut lagi naik jurusan harmoni-pulogadung turun di gambir 2?