KP di PHE (1)

Standard

Januari 2013. Saya dan Yolan (sahabat saya di Teknik Geologi ITB) mengikuti program kerja praktek (KP) di Pertamina Hulu Energi (PHE) yang kantornya terletak di PHE Tower, TB Simatupang. Untuk bisa mengikuti program kerja praktek di sana, kami dibantu oleh om papa teman kami yang sangat baik. Kira-kira Agustus / September 2012, saya dan Yolan mengirimkan proposal dan CV kami kepada Om, kemudian pada Desember 2012, we were officially accepted by PHE untuk mengikuti program kerja praktek selama sebulan, di bulan Januari.

Akhir Desember 2012, saya pun sibuk mencari kosan di daerah Kebagusan (belakang PHE Tower). Fyi, kosannya mahal-mahal banget, karena di sebelah PHE Tower merupakan gedung kantor BP, Nestle, Siemens, dll. Akhirnyaaaa, sampailah juga kami di sebuah kosan di area townhouse ‘Pondok Palem’ di Jalan Kebagusan Raya. Kosannya bagus, berAC (sebenernya biasa aja sih pake AC kalo di Jakarta :p ini kan bukan di Bandung yaa), ber-wifi, keren deh pokonya, kurang TV kabel aja (kosannya hanya menyediakan kabel TV bukan TV kabel 😀 *ga lucu! *besok coba lagi) tapi it’s not a big deal, car kami cuma tinggal di sini selama sebulan. Oya, kamarnya juga gede, kamar mandinya di dalem, bahkan di kamarnya juga ada ruang TV woow. Harganya mayan sih, tapi untunglah kamarnya boleh diisi berdua, jadi saya akan sekamar dengan Yolan selama sebulan ke depan ayeay!

IMG_20130103_180714

TV dan persediaan aqua (photo was taken from sofa empuk di ruang TV)

IMG_20130125_183443

Sofa empuk (photo was taken from pres du lit)

2 Januari 2013. Hari pertama mulai KP, sampai di kantor jam setengah 7 (gaya banget, coba besok-besok tanya lagi sampe kantor jam berapa? haha). Pagi ini kami akan bertemu dengan Bapak HR (sebut saja namanya Pak H) terlebih dahulu di lantai 22. Ketika kami sampai, sudah tentu Bapaknya belum sampai (yaiyalah! siapa suruh janjian jam 7 tapi dateng jam setengah 7???). Jam 7 lewat-lewat dikit akhirnya kami masuk ke ruangan Pak H, ngobrol-ngobrol sebentar dengan beliau (Pak H baik banget orangnya, seneng deh), kemudian kami pun diantarkan oleh beliau ke ‘calon markas’ kami untuk sebulan ke depan di lantai 23.

Di lantai 23, kami duduk di ruangan milik bosnya calon mentor saya (masih calon karena belum ketemu langsung sama sang mentor), sebut saja namanya Pak F, tapi Pak F nya belum datang. Jadilah saya dan Yolan ngobrol-ngobrol sama Pak H dan juga Pak G (Pak G ini yang jabatannya paling tinggi di lantai 23). Pak G juga baik banget. Kemudian oleh Pak G dipanggilkanlah mentor-mentor kami, Mas A (mentor saya untuk belajar Petrel) dan Mas E (mentor Yolan untuk belajar Geolog). Alhamdulillah mentor kami juga baik hehe. Kami pun ngobrol-ngobrol ramean berenam.

Tak lama kemudian, sang empunya meja (Pak F) datang. Ngobrol-ngobrol pun dilanjutkan bertujuh, dan berakhir tidak lama kemudian. Semua kembali ke ruangan masing-masing, sementara saya dan Yolan diantarkan oleh mentor-mentor kami ke ‘ruangan kami’. Karena semua cubicle di lantai 23 sudah terisi, maka saya dan Yolan pun ditempatkan di work station. Work station ini terkadang suka dijadikan tempat rapat juga, tempat main game, tempat ngobrol-ngobrol, yah jadilah semua orang di lantai 23 mengenal saya dan Yolan, iya apa? 😀

IMG_20130131_170540

my station and my job

Oya, di work station ini juga ada D, senior kami di Teknik Geologi ITB yang beuuuh tiada kesan tanpa kehadiranmu D! Hahaha, D ini udah kaya mentor kedua jikalau mentor-mentor asli kami sedang sibuk. Ga gitu juga sih sebenernya, D ini udah kaya mentor kedua karena kami seruangan jadi lebih gampang deh kalau mau nanya, daripada harus keluar ruangan kalo mau ngomong sama Mas A hehehe. Lupa! Sebenarnya work station juga merupakan markas dari Mas W. Mas W ini yang paling muda selantai 23, dari Teknik Geologi Trisakti, tapi saya dan Yolan hanya bertemu Mas W di hari pertama, karena besok-besoknya Mas W ditugaskan untuk berkantor di PetroChina, Menara Kuningan.

IMG_20130125_152452

pemandangan dari jendela work station

Hmmmm, karena di GEA ga biasa manggil senior dengan panggilan Kak/Mas/Mbak, jadilah saya dan Yolan yang pada awalnya juga memanggil Mas D, jadi merasa aneh haha, panggil D aja ya, gausah pake mas-masan 😀 Oya di lantai 23 ini juga ada beberapa senior-senior ITB lainnya, Pak F dari Geofisika, Mas A dari Teknik Geologi juga (jadi, begini maksudnya, sebenernya ada beberapa senior sealmamater kami, tapi yang saya kenal di hari pertama baru 2 orang). Kalo Pak G dari Teknik Geologi UPN (kalo ga salah), sedangkan Mas E dari Teknik Geologi UGM.

Sekian cerita hari pertama KP di PHE. Dan sekian juga orang-orang yang saya kenal di hari pertama KP, di postingan selanjutnya saya akan memperkenalkan lebih banyak penghuni lantai 23 dan tentunya kegiatan selama KP seru di PHE.

Bisous!

Leave a Reply

