BP Selection Test

Standard

Le 20 Fevrier 2014. Aldy et moi sommes alles a l’universite de l’Indonesie (aka UI) untuk melihat JobFair UI. Sesampainya di Balairung UI, kami mengantri sebentar untuk membeli tiket masuk JobFair seharga hmmm 30K / 35K saya lupa persisnya hehe.

Di dalam Balairung, kami keliling-keliling, dan akhirnya saya pun mendaftar di booth Pertamina serta Total E&P Indonesie, sementara Aldy hanya mendaftar di booth Pertamina saja, kemudian Aldy bertanya-tanya mengenai beasiswa di booth LPDP. Sebelum pulang, kami mampir di booth BP untuk meminta informasi mengenai BP Challenge 2014. Dari informasi di booth BP, diketahui bahwa pendaftaran untuk BP Challenge dilakukan melalui website BP. Jadiiii, yasudahlah kami pun pulang……

Le 25 Fevrier 2014.Saya apply BP Challenge untuk posisi sebagai Petrophysicist. Dokumen yang diperlukan sama seperti apply-apply kerja pada umumnya: CV, cover letter, GPA transcript, degree certificate, IELTS certificate, dll. Selesai apply! Bismillahirrahmanirrahim semoga kabar baik.

Le 5 Mars 2014. Saya pergi ke Bandung karena hari ini BP mengadakan kunjungan ke kampus ITB. Pagi-pagi saya dan teman-teman lainnya sudah standby di selasar GKU Timur untuk mengumpulkan hardcopy CV kami kepada mbak HR BP. Beberapa orang yang beruntung hari ini akan dipanggil untuk interview setelah jam makan siang. Sebenarnya, sebelum jam makan siang, BP mengadakan presentasi di GKU Timur, namun karena banyaknya peminat, saya dan teman-teman GEA pun tidak bisa masuk ke dalam ruangan presentasi.

11.30 setelah selesai sarapan bersama ceciwi GEA dan juga menonton kolokium Della (kyaaa!), kami kembali menuju ke GKU Timur. Sesampainya di sana, ternyata rombongan cecowo sudah lebih dahulu tiba. Dan saya pun diberitahu oleh Aldy bahwa saya terpilih untuk wawancara di siang itu. Huwaaaaaw ga belajar apa-apa loh ini, mau jawab apa nanti yaaaa. Selain saya, Yolan dan Seba juga akan wawancara di siang itu.

Sambil menunggu giliran sambil baca-baca dikit deh, thanks to Aldy yang udah banyak banget ngajarin di waktu yang sempit ini. Sampai akhirnya tibalah giliran saya. Saya masuk ke dalam ruangan, Bapak interviewer nya baik banget, dan interviewnya dalam Bahasa Indonesia hehe. Yang ditanyakan adalah seputar CV, kemudian sempat ditanyakan hal teknis juga sih sedikit, tentang log. Alhamdulillah di TA (tugas akhir) saya menggunakan log-log ini jadi saya bisa jawab. Semoga jawabannya benar dan sesuai dengan kemauan Bapak nya amiiiiin.

Selama sisa bulan Maret saya galau banget karena banyak di antara teman-teman saya yang sudah diemail oleh BP untuk mengikuti online test, tapi saya belum juga diemail 😦

Le 10 Avril 2014. Email dari BP yang kutunggu-tunggu pun akhirnya datang, Alhamdulillah! Isi emailnya adalah link untuk online test (diberikan kesempatan 1 minggu untuk mengerjakan), dan juga link untuk latihan sebelum online test, deg-degan……

Le 11 Avril 2014. Mbandung lagi bersama Aldy yippieee, karena besok adalah ITB’s graduation day! Sesampainya di Bandung, sebelum menghadiri wisnite, kami sempatkan dulu untuk belajar dari link yang diberikan dari email, susah banget astagfirullah mau nangiiiis. Belajar pun disudahi karena kami akan datang ke wisnite GEA di depan himpunan.

Le 12 Avril 2014. The day! Hello soal-soal BP, be nice to me yaaa. Susah banget ya Allah soal-soalnya, banyak-banyak berdoa aja deh semoga hasilnya adalah kabar baik. Amiiiin.

Le 18 Avril 2014. Di tengah malam, masuklah sebuah email yang isinya…. jeng jeng jeng….. saya lolos dari tahap online test BP!!!! Alhamdulillah ya Allah, makasi banyak bangeeet 🙂 Email tersebut memberitahukan juga bahwa tahap selanjutnya adalah interview user yang akan diadakan di Hotel Grand Kemang pada tanggal 22 April 2014.

Oyaa GEA yang lolos ke tahap interview ini cuma sedikit banget, saya dan Epo untuk bagian Petrophysicist; kemudian Tajul serta Odi untuk bagian Geologist. Huiiii harus semangat belajar banget lah ini.

Le 22 Avril 2014. Setelah selesai les Perancis, saya diantar oleh Aldy ke Hotel Grand Kemang. Thanks sekali lagi Aldy, thanks a lot! Sesampainya di sana, tak lama kemudian saya dipanggil untuk masuk ke ruangan interview, dan diinterview oleh 2 orang: 1 orang bule dan 1 orang Indonesia. Interviewnya sudah tentu pakai bahasa Inggris hehehe.

Interview berlangsung selama kurang lebih 1 jam, pertama-tama membahas soal CV, kemudian sampailah ke perihal teknikal I yang masih lumayan bisa dicerna. Selanjutnya perihal teknis II, ya Allah gatau ini apaan, belum pernah liat, belum pernah belajar soal kaya gini, sedih bangeeeet. Tapi bule nya baik banget sih, ya tapi ngapain juga dia galak sama saya, kenal juga ga yaa 😀 Dan interviewnya berjalan dengan menyenangkan kecuali perihal teknikal II itu yaaaaa.

Le 29 Avril 2014. Saya mendapatkan email yang isinya adalah informasi bahwa saya gagal melanjutkan application saya di BP. Walaupun saya sudah agak-agak menduga sebelumnya, tapi tetep aja sedih bangeeeeet. Dan tenyata Tajul dan Odi juga gagal, cuma Epo yang berhasil lanjut ke tahap selanjutnya. Felicitation pour Epo!

Yaaah begitulah kira-kira berakhirnya kisah application saya di BP dan inilah akhir dari pengalaman sedih saya mengikuti BP selection test. Doakan saya teman-teman, semoga saya lebih beruntung di lain waktu. And the last but not the least, doakan saya segera kerja yaaaa :’’’’’)

Merci! Tchao!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s