Oooo Karangsambung!

Standard

2012. Selama 1 bulan, 5 Juni-5 Juli, mahasiswa/i Teknik Geologi ITB angkatan 2009 berangkat kuliah lapangan ke Karangsambung (Karsam), Jawa Tengah. Weekend ataupun weekdays, kami berangkat ke lapangan / mengerjakan laporan dari pagi hingga sore. Malam harinya, dilanjutkan dengan kuliah malam. Huft, capeeeek, tapi seru (walaupun pake acara nangis setelah 2 minggu berjalan haha).

Jadwal keseharian selama disana kira-kira sbb: Jam 7 pagi harus sudah di ruang makan karena kami akan sarapan bersama para dosen, gaboleh telat. Jam 8 berangkat ke lapangan. Mandinya kapan? Terserah, kalo ngerasa sempet mandi setelah sarapan bolebole aja. Tapi kalau cewe-cewe sih mandinya sebelum sarapan. Makan siang dibawa ke lapangan. Pulang dari lapangan sekitaran jam 4 sore atau lebih, lalu mengantri mandi (ada 5 atau 6 kamar mandi untuk 27 cecewe). Jam 7 malam makan di ruang makan, dilanjutkan dengan kuliah malam di ruang belajar (di atas ruang makan) / mengerjakan laporan di ruang makan dari jam 8 sampai dengan jam 10.

Selama di sana, kami tinggal di kampus Karangsambung LIPI. Cecewe (27 orang) menempati Asrama Penosogan bersama para dosen, cecowo dibagi ke 2 asrama (Asrama Totogan dan Waturanda). Saya menempati kamar C-01 bersama Yolan, Seba, dan Chita. Banyak suka dukanya, banyakan dukanya sih kayanya huaaa, mulai dari julukan sebagai kamar paling ga tertib sampe diomongin orang-orang huhu, sampai tragedi toke masuk kamar (kemana saya pergi, kenapa toke selalu mengikuti sih? hiiiiy) huaaaa kangen, tapi gamau sih balik kesana lagi 😀

IMG_56160862335203

Sabi-Aldy & Feby-Yuda. Berangkat pagi-pagi dari Stasiun Bandung naik kereta Lodaya, l’apres midi (kira-kira siang-sore) sampai di Stasiun Kebumen. Dari Kebumen menuju Karangsambung naik bis 3/4 yang dicat warna-warni diiringi oleh musik dangdut. Hadeeuh!

IMG_56129138916014

Hari pertama sebelum berangkat ke lapangan, di tangga menuju ruang makan. Masih pada ceria, semangat, dan masih pada putih bersih tentunya 😀

1. Observasi : kegiatan belajar pertama disebut observasi, dilakukan selama 3 hari. Tujuannya ada ke Lok Ulo, Jatibungkus, Gunung Parang, Kali Gending, Kali Jebug, dan breksi Waturanda.

IMG_55162801757811

Feby di tempat observasi (Lok Ulo). Topi kuning itu harus selalu dipakai ketika keluar dari kampus LIPI sebagai tanda pengenal, konon katanya kalo tersesat, penduduk yang liat topi itu langsung tau “wah anak-anak dari kampus LIPI ni” jadi mungkin nanti dianterin pulang / ditunjukkan jalan yang lurus menuju asrama 😀

IMG_55516133117674

Well yeah, inilah salah satu pekerjaan seorang geologist di lapangan: ngukur kedudukan batu (Jatibungkus)

2. LK (Lintasan Kompas) : dilakukan selama 2 hari, hari 1 dihabiskan di lapangan (Gunung Bujil) dari pagi hingga magrib, dan hari 2 untuk mengerjakan laporan di ruang makan. Sekelompok bertiga bersama Adi dan Darma. Sayangnya, kelompok kami tidak selesai huhu, padahal udah gerak sangat teramat cepat loh.

IMG_55548122497557

Parade menuju Gunung Bujil

3. PPS (Pengukuran Penampang Stratigrafi) : dilakukan selama 3 hari, hari 1 PPS berkelompok bersama Edwin dan Fadel, hari 2 pengerjaan laporan di ruang makan, dan hari 3 PPS mandiri yang hasilnya langsung dikumpul saat itu juga di lapangan.

IMG_55122500915525

PPS di Kali Jaya, ngukur-ngukur dengan meteran pita, catat, ngukur lagi, catat lagi 🙂

4. Struktur : dilakukan selama 3 hari, hari 1 dan 2 dihabiskan di lapangan (Lok Ulo, Kali Mandala, dan Kali Soka) dan hari 3 untuk membuat laporan. Kali ini saya sekelompok bersama Zaky dan Jombang.

IMG_55560815399168

Foto-foto dulu di tepi sungai Lok Ulo sambil menunggu para dosen datang (Tika, Chita, Arin, Sabi, Seba)

IMG_55570085693357

Trio Geodin pun akhirnya datang 😀 (Pak Agus, Pak Mino, Pak Chalid)

IMG_55590440826414

Istirahat sebentar setelah makan siang, sambil menjemur sepatu yang kemasukan air

IMG_56187259796140

Kelompok Struktur : Sabi, Jombang, Zaky (Kali Soka)

5. Libur : Thanks God, akhirnya hari ini datang juga. Yeayeay! Saya memutuskan untuk ke Jogja setelah mengumpulkan laporan struktur. Naik bis malam Lorena dari Terminal Kebumen, kemudian sampai di Jogja malam hari, saya menginap di kosan Ririn (teman SMA saya yang kuliah di UGM). Besok paginya, kami jalan-jalan di kota Jogja. Yippieeee! Sayangnya kami harus segera kembali ke Karangsambung sebelum magrib, naik bis Efisiensi kami kembali menuju Terminal Kebumen.

IMG_56342307617185

Naik becak ke tempat bakpia, Jogja. Ketemu sama Raini dan Malik 😀

6. Geomorfologi : dihabiskan selama 2 hari, hari pertama para cecowo menyelami Sungai Lok Ulo hingga jam makan siang, yang cewe cuma nyatetin aja buat laporan hehe, dilanjutkan dengan pengerjaan peta geomorfologi di ruang makan. Hari kedua kami kembali menyusuri Sungai Lok Ulo (kali ini di tepinya, ga samapi nyelem2) kemudian mendaki (alaaaah gaya!) Puncak Wagir Sambeng.

IMG_55878862884520

Dalam perjalanan menuju Puncak Wagir Sambeng

IMG_55616864562986

Dari Puncak Wagir Sambeng yeaaaay! (Lia, Sabi, Seba, Yolan, Chita). Yang di bawah itu adalah Sungai Lok Ulo.

7. Mapping (masih didampingi dosen) : kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Mapping bersama kelompok besar bersama Pak Eddy di hari pertama, dan Pak Agus di hari kedua. Lokasinya di Daerah Sigeong dan sekitarnya.

IMG_55282140869138

Sambil makan siang, sambil minum degan yang bisa dipetik sendiri di pohon. Kali ini yang memetik adalah Mas Vi hihi, kasian yang disuruh malah yang paling tua. Kalaupun beli, harganya hanya 1000 rupiah/buah. Murahnyaaaaa! 😀

IMG_55646713623045

Pulang dari lapangan, naik rakit untuk menyebrangi sungai

8. Mapping Mandiri : kegiatan ini berlangsung selama seminggu lebih. Lokasinya masih sama di Daerah Sigeong dan sekitarnya, hanya saja kali ini tanpa dosen dan dilakukan dalam kelompok kecil (berempat bersama Cipta, Aldy, dan Feby). Karena akses transportasi yang sulit di Karang Sambung, maka untuk pergi dari 1 lokasi ke lokasi lainnya, kami bisa naik angkot / truk / pick-up / rakit / bahkan numpang mobil dosen hehe.

IMG_55353636840819

Foto-foto dulu sambil menunggu ada rakit lewat

IMG_55850569671629

Batunya gede banget ya? Feby nya jadi keliatan mungil banget

IMG_55746740234373

Cipta memandang masa depan hahaha. Lokasi : di suatu puncak gunung, kami nyasar!

IMG_55673627716062

Menunggu bis jemputan / truk lewat, untuk kembali ke asrama : Kak Harifan (asisten), Raini, Sabi, Arin, feby. Raini dan Arin sekelompok bersama Mas Vi dan Zaky

IMG_55360288848875

Kali ini pulang ke asrama menumpang truk: Feby, Sabi, Lia. Ketemu sama kelompoknya Lia di jalan, maklumlah satu daerah pemetaan (Sigeong dan sekitarnya).

9. Libur lagi: Sidang Karsam sudah selesai kemarin, dan Alhamdulillah saya (dan kebanyakan teman-teman lainnya) lulus yeay! Penguji saya Pak Aziz dan Pak Chairil. Jadi sebetulnya ada beberapa orang yang belum lulus (harus balik ke lapangan), nah hari ini adalah waktunya. Tapi bagi yang sudah lulus, hari ini adalah hari libur wooohoooo! Pada hari tersebut kebanyakan orang menghabiskan waktu libur dengan naik Brujul. Saya? Malaaas, jadilah saya, Lia, Lutfi, dan Aya malah rujakan dan minum fansus (fanta susu) / gula asam di warung Mbak War 😀

IMG_55383172515868

Aya dan Lutfi lagi motongin buah

IMG_55387657897947

Lia dengan fansus nya

10. Ekskursi (hari terakhir di Karangsambung)

IMG_56105466796873

Foto dulu di depan asrama Penosogan bersama para dosen (Pak Aswan, Pak Cipto, Pak Ari (yang punya kekuatan mistis wooow keren!), Mas Arif, Pak Aziz, Pak Zaim, dan Pak Yan) sebelum berangkat ke lapangan buat terakhir kalinya

IMG_55812137786863

Lokasi Eksursi : Pantai Karangbolong (Chita, Tika, Sabi, Yolan, Lia, Seba, Asmi, Wiwit)

IMG_56316743072508

Foto dulu di depan kamar C-01 sebelum pulang: Yolan, Sabi, Chita. Hitam aaaak! Oyaa Seba ga ikut foto karena lagi ngambek hahaha

IMG_56254852020262

Opening the curtain in front of C-01 room for the last time. Bye asrama Penosogan, I’ll miss you, tapi aku gamau kalo disuruh balik lagi 😀

IMG_56222215576170

Akhirnya, Stasiun Kebumeeeeen! Menunggu kereta menuju ke Bandung (Seba, Yolan, Chita, Sabi, Lia)

DIBUANG SAYANG:

IMG_55488238494871

Rifi di pintu masuk menuju Kampus Karangsambung LIPI

IMG_56200122375486

Penghuni kamar C-01 dan C-03 (Yolan, Raini, Lina, Tika, Fusi, Chita, Sabi, Seba) di ruang makan setelah makan malam, sedang menunggu kuliah malam. Edwin ngapain nyempil di antara para cecewe? hehe.

IMG_55782473815916

Foto jelek sama Raini di saat yang lain mendengarkan penjelasan dari dosen 😀

Au revoir Karangsambung dan Kebumen!

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s