Lombok & Sumbawa

Standard

Cerita ini adalah cerita perjalanan saya, Odi, dan Kiki di tahun 2010, ditulis di sebuah cofee shop di Sarinah – Jakarta, karena saya kangen sama masa-masa kuliah, kangen Odi sama Kiki juga. Jadi begini ceritanya……

Semester 2 selesai, libur tlah tiba hore hore hore!!! Mau kemanakah kami liburan ini? Lombooook! Gatau ide itu mucul dari mulut siapa, tapi saya setuju aja, karena kebetulan juga ada tante saya disana, yang alhamdulillah mau menampung kami haha.

Hari 1 (saking lamanya ga inget tanggal berapa, bulannya bahkan lupa, Mei atau Juni ya?) Kami berangkat dari Soetta naik Lion Air menuju ke Selaparang Airport, Mataram. Sampai di sana sore hari, kami segera menuju ke rumah tante saya (lupa persisnya di daerah mana, ga jauh kok dari Mataram Mall, bisa jalan kaki bahkan) naik taxi dari bandara yang harganya sudah fix, sekitar 30ribuan saat itu.

Karena tante saya tinggal di Sumbawa, rumahnya di Mataram kosong, hanya ada bibi yang datang pagi pulang siang, kami pun makan malam di Mataram Mall, jalan kaki betulan dong kami ke sana hehe. Selanjutnya setelah makan kami segera kembali ke rumah, dan tidur cepat karena besok kami akan pergi pagi-pagi sekali ke Sumbawa.

Hari 2. Pagi-pagi sekali, mobil jemputan kantor pun tiba. Kami naik mobil bersama para karyawan Newmont menuju ke pelabuhan Lombok menuju Sumbawa (kalo ga salah namanya Pelabuhan Kayangan) untuk naik kapal cepat. Sesampainya di pelabuhan, kami menukarkan surat sakti dari om saya dengan badge visitor, dan naik kapal cepat. Kapalnya baguuus, kaya gini…..

Kiki di kapal cepat

Singkat cerita, sampailah kami di Sumbawa. Dari pelabuhan, kami dijemput oleh tante saya. Ada cerita kocak sesampainya kami di pelabuhan Sumbawa, jadi kapal cepat ini akan berhenti di 2 pelabuhan (Pelabuhan Benete dan Pelabuhan Poto Tano, kalau ga salah begitu namanya), nah saya gatau harus turun di pelabuhan mana, dan bodonya kok ga nanya gitu sama tante saya haha. Alhasil, kapal yang sudah menjauh dari pelabuhan pertama (Pelabuhan Benete) pun balik lagi, demi menurunkan 3 anak cewe yang kebingungan, berkat usaha melobi tante saya. Thanks a lot Tante Endang 😀 Kemudian kami menuju ke rumah tante saya….

Odi sesampainya di rumah tante saya

Sore harinya, kami berenang berempat, bersama Meymey juga. Yeay! Kemudian malamnya, kami makan malam di restoran pinggir pantai, makan seafood nyamnyamnyam.

Hari 3. Pagi hari ini kami ga ngapa-ngapain, karena Meymey dan Farid sekolah, tante dan om saya pun ga ada di rumah. Jadi kita foto-foto aja di sekitar rumah.

Sabi di tangga belakang rumah

Sabi dan Kiki di taman depan rumah

Kira-kira jam makan siang, Tante saya datang, kami pun jalan-jalan keliling kompleks Newmont, menjemput Meymey dan Farid di sekolah, dan makan siang di kantin kantor. Makanannya banyaaaak dan enak2 hehe *maklum mahasiswa.

Setelah selesai makan siang, om saya kembali ke kantor, sedangkan kami berenam (saya, Odi, Kiki, Tante Endang, Meymey, dan Farid) pergi ke pantai yippiiiee!

Sabi, Kiki, dan odi di Pantai Yoyo, Sumbawa

Bagus bangeeeeet, tapi sayang kami gabisa main-main air karena ombaknya teramat menyeramkan. Foto-foto bentar, lalu kami pulang, karena nanti malam kami akan bermobil bersama om saya menuju Mataram (lagi) kyaaa!

Kiki dan Odi di kamar, sebelum berangkat ke Mataram (lagi)

Kami bertujuh naik mobil dari komplek Newmont menuju Pelabuhan Poto Tano kali ini, kami naik feri menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok (gabisa naik kapal cepat karena bawa mobil).

Hari 4. Kami sampai di rumah tante saya di Mataram dini hari. Setelah istirahat sebentar dan solat, kami segera menuju ke Gili Trawangan dkk karena hari ini kami akan snorkeling yeyey!

Sambil menunggu perahu

Di perahu, menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Sabi dan Kiki di salah satu Gili

Baguuuus bangeeeeeeet ya :3

Snorkelling selesai menjelang magrib, kami pun kembali ke rumah di Mataram.

Hari 5. Hari ini kami bertujuh akan ke the renowned Pantai Senggigi. Sesampainya di sana ternyata pantainya ramai sekali. Bagus sih, tapi ramai bangeeet. Kami makan siang di kedai pinggir pantai, beli kaos-kaos Lombok buat oleh-oleh, jalan-jalan di tepi pantai, lalu kami menuju ke Art Market, tapi souvenir di sana mahal-mahal (buat mahasiswa), jadi kami ga beli apa-apa haha.

Sabi di Pantai Sengigi

Odi, Kiki, Sabi, dan Meymey (my tiny lil cousin) di Art Market

Oyaa di hari ini kami juga menuju ke toko mutiara langganan tante saya, gatau di daerah mana hehe, mutiaranya bagus-bagus, cantik-cantik, beli yang banyak deh buat oleh-oleh 🙂 lalu kami kembali ke rumah, karena Tante, Om, Meymey, dan Farid akan kembali ke Sumbawa.

Hari 6. Pagi-pagi kami sudah siap karena hari ini kami akan mengikuti city tour (yang sudah dibookingkan oleh Tante saya kemarin, thanks a lot Tante Endang dan Om Jarot).
Bersama supir dengan menendarai avanza, kami keliling Pulau Lombok. Pertama kami mengunjungi Pura Mayura, pura yang dikelilingi air, serasa lagi di Bali hihi.

IMG_43672755615232IMG_43679002471922

Pura Mayura, Mataram

Lalu kami mengunjungi Desa Sukarara, pusat kerajinan tenun Lombok. Disinilah tempatnya jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok dan juga ingin berfoto dengan baju adat Lombok 😀

Sabi menggunakan pakaian adat Lombok

Selanjutnya kami mengunjungi Desa Tradisional Suku Sasak, yang memiliki tradisi membersihkan rumah dengan kotoran sapi.

Odi di dalam rumah suku Sasak

Terakhir, kami mengunjungi Narmada, taman yang luas dengan kolam renang serta pura Hindu. Disini kami juga main flying fox hehe dan membeli oleh-oleh di pasar kerajinan.

Narmada

Setelah jalan-jalan selesai, kami mampir untuk makan di salah satu restoran ayam taliwang, ayam khas Lombok :9

Hari 7. Hari ini adalah hari bebas, kamu memutuskan untuk pergi ke Pantai Malimbu dengan naik taxi, dan ternyata jauh bangeeeeet. Sesampainya disana, ga ada apa-apa haha. Tapi pantainya bagus banget, masih sepi dan natural.

IMG_43784565093991IMG_43795910003660

Pantai Malimbu

Setelah selesai foto-foto, kami kembali menuju Pantai Senggigi, kami akan makan di restoran pinggir pantai yang harganya bikin kantong bolong, tapi gapapa lah sekali-sekali hehe.

Classy Kiki dengan teh nya 😀

Interiornya restorannya cantik, tradisional sekali, kami memesan ikan bakar dan kangkung balacan, enak bangeeeeeet. Banget 1000x deh ga rugi bayar mahal hihi. Sayangnya makanannya ga sempet difoto, karena kami lapar banget, dan makanannya enak banget jadi langsung serbu deh setelah makanan datang hehe.

Hari 8. Hari ini kami akan pulang hiks. Pagi-pagi kami ke pasar oleh-oleh dekat rumah tante saya, lalu kami packing, dan menuju bandara dengan menggunakan taxi.

A bientot Lombok, J’aime beaucoup!