Schlumberger Selection Test

Standard

Yang jobseeker mana suaranyaaaa? Yihaa apa sih yang paling menyenangkan bagi seorang jobseeker? Yap benar! Ga lain dan ga bukan adalah info lowongan pekerjaan haha. Kali ini dari Slb atau Schlumberger. Siapa sih yang ga kenal? Pasti pada tau semua kaaaan. Jadi begini ceritanya…..

10 Maret 2014. Hari ini adalah hari terakhir untuk apply Schlumberger’s vacation via ITB Career Center’s website. Ada 2 pilihan position, FE dan Petrotech. Saya apply untuk Petrotech.

14 Maret 2014. Saya menerima sms dan email untuk panggilan tes tanggal 17 Maret.

17 Maret 2014. Datang terlambat ke Aula Timur ITB bersama Aldy, Yolan, dan Seba, hampir saja tidak boleh masuk oleh petugas VT Slb, untunglah ada junior kami hihi, jadi kami pun diperbolehkan masuk untuk mendengarkan presentasi dari HR.

10.00 presentasi selesai, dilanjutkan dengan tes beauty contest, 3 minutes speaking. Mengantri lamaaaaa, tiba giliran saya sekitar pukul 11.30. Saya kebagian speaking dengan manager HR dan mendapatkan gambar book shelf. Huft topik susah ni, alhasil saya ngomong cepet banget, sampe sampe sang manager HR bertanya tak percaya sambil tersenyum “that’s all??” Dan saya pun menjawab “yes, that’s all” sambil tersenyum juga. Say thank you to her, lalu pergi sambil banyak berdoa. Oyaa, ini adalah beauty contest model baru, mungkin karena manager HRnya baru (soktau haha), model sebelumnya kita bukan dikasih kartu gambar, tetapi kartu kasus, jadi misalnya “kalau ada orang di tempat kerja yang bla bla bla, apa yang kita lakukan?”

15.00 pengumuman! Saya hopeless banget, gamau liat pengumumannya. Sampai ada seorang teman yang memberi tahu bahwa saya lolo, alhamdulillah. Saya pun langsung kembali ke dalam ruangan untuk mengikuti tes selanjutnya, aptitude test.

Aptitude test berlangsung selama sekitar 1 jam, ada soal matematik, elektrik, mekanik, dan general. Saya full menerjakan soal matematik dan general, mekanik sama elektriknya cuma bisa kira-kira setengah, sisanya saya nembak, bismillah. Oyaa saya juga coba-coba asal mengerjakan soal gambar, iseng-iseng (siapa tau) berhadiah.

17.00 pengumuman lagi! Kali ini saya gabisa lihat pengumumannya saking rame banget berdesak-desakan. Tapi sekali lagi, ada teman yang ngeliatin nama saya, dan alhamdulillah saya lolos ke tahap selanjutnya, yaitu FGD. Karena saya masuk di kelompok 10, maka saya langsung masuk kembali ke dalam ruangan saat itu juga (kloter 1, ada 2 kloter)

FGD berlangsung selama sekitar 15-20 menit, topiknya adalah membuat vehicle. Kelompok saya terdiri dari 8 orang, cewe nya cuma 2, kebetulan 1 lagi anak geologi juga angkatan 2010. Examiner FGD tidak stay di satu kelompok, mereka berkeliling, disinilah susahnya, kita harus bicara di saat yang tepat, yaitu saat ada penilai haha. Selesai diskusi, tiap-tiap kelompok harus presentasi di depan kelompok lain dan juga para examiner yang berjumlah kira-kira 5 orang. Kami presentasi bergantian satu per satu, semuanya kebagian pokoknya.

Tak lama kemudian, ketika kloter 2 sedang FGD di dalam, lagi-lagi pengumuman! Dan kali ini saya tidak lolos, hiks… Yasudahlah, bukan jodohnya. Dari kelompok saya yang lolos hanya 2 orang.

 

Bagi yang Masih Lolos

Orang-orang yang lolos dipanggil lagi ke dalam, mengumpulkan print CV dan diberi pengarahan oleh manager HR mengenai tahap selanjutnya, interview HR dan juga tiap-tiap orang harus memilih position lagi di web Slb. Dari teman saya, saya tahu bahwa ada beberapa orang diinterview langsung keesokan harinya, beberapa diinterview pada tanggal 3 dan 4 April 2014, dan beberapa lainnya belum dikabari lagi hingga sekarang.

Dear lovely readers, doakan saya segera dapat kerja ya hehe, dan semoga teman-teman yang belum diemail untuk interview HR segera diemail. Dan semoga lanjut terus ke tahap selanjutnya, interview user, dan segera offering, lulus medcheck, dan bekerja di Slb. Amiiiiin!

About SHABRINA

Bonjour tout le monde! Je m'appelle Shabrina. Je suis géologue. Actuellement, j'habite à Jakarta. J'adore voyager, faire du sport, manger, regarder les films et la télé, écouter de la musique, et expérimenter une nouveauté. Enchanté!

Leave a Reply

