Bangkok Culinary Tours

Standard

Bangkok. Ga jauh dari Jakarta letaknya, tapi beda kemajuan banget rasanya. Kapan ya Jakarta bisa kaya Bangkok? Walaupun sama-sama macet, Bangkok lebih bersih dan cantik dengan bangunan modern dan bersejarahnya di tepi Sungai Chao Phraya, dan sudah mengoperasikan underground dan skytrain nya. Selain itu, makanannya juga enak-enak……

1. Tomyam

Di suatu hari di bulan Agustus 2013, rombongan tur tiba di Bandara Suvarnabhumi tepat pada saat jam makan siang. Karenanya, sebelum sampai di kota Bangkok, kami singgah dulu di sebuah rumah makan halal tidak jauh dari bandara, namnaya gatau apa, di seberangnya ada masjidnya, besar berwarna kehijauan.

Di rumah makan ini, kami duduk semeja bersembilan. Kemudian di meja disajikan banyak makanan, mulai dari telur dadar, ikan fillet goreng tepung, semacam gado-gado tapi rasanya lebih segar, tomyam, ikan dibumbui seperti bumbu bali atau sambal matah. Yang saya ambil ‘hanya’ itu, sebenarnya masih ada beberapa menu lain. Rasa semua makanan yang saya cicipi sangatlah enak, terlebih tomyamnya.

Tomyam pertama saya di negara asal tomyam ini kuahnya bening, tidak seperti yang biasa kita makan di Indonesia, kuahnya kemerahan. Rasanya segar luar biasaa dengan isi jamur, seafood, dan potongan rawit kecil-kecil yang membuat rasanyaa pedas. Nikmat deh pokoknya, wajib dicoba. Tomyam di restoran ini adalah tomyam paling enak yang saya makan selama saya berada di Bangkok.

IMG_3226

yang ngepul-ngepul menggoda itulah tomyam nya hehe

2. Es krim kelapa muda

Kunjungan terakhir hari pertama tur kami adalah ke Asiatique, semacam pasar modern yang bagus, bersih, dan nyaman di tepi Sungai Chao Phraya. Kebanyakan pedagang di sini menjual souvenir, tetapi agak mahal harganya, lebih baik membeli souvenir di Wat Arun atau MBK menurut saya.

Mama mencari pedagang es krim kelapa muda ini karena katanyaa pernah liat di aacara tv, untunglah kami berhasil menemukannya. Harganya agak mahal, sekitar 45ribuan dalam rupiah, tapi rasanya enaaaaaak. Worth it! Es krim atau es puternya enak, kelapa mudanya juga, sluuuurp!

IMG_3363

3. Keripik duren

Di dekat penjual es krim kelapa muda tadi, ada penjual keripik. Berbekal info dari tante saya yang pernah ke Thailand sebelumnya, keripik duren wajib hukumnya untuk dicoba. Maka kami pun membelinya, ada 2 macam keripik yang 1 harganya 170THB/pack dan 1nya 150THB/pack. rasanya hampir sama, sama-sama enak hehe, yang lebih mahal lebih enak dikiiiiiit.

Cocok banget ni buat oleh-oleh. Lebih baik belinya di Asiatique, karena lebih murah. Di dry food 200THB/pack, sedangkan di MBK 180THB/pack. Ada juga kripik leci, nangka, mangga, dll. Tapi yang paling enak keripik duren.

IMG01572-20130812-0606

4. Padthai

Di Bangkok, kami tinggal di Chada Hotel. Hotel ini ga jauh dari Stasiun Underground Huai Kuang (tulisannya beginikah?). Malam-malam, saya dan adik saya keluar mau ke seven eleven dekat hotel. Nah di depan sevel nya rame jualan makanan kaki lima. Salah satunya (yang halal) padthai ini, harganya 30BHT. Penjualnya gabisa bahasa inggris, tapi untungnya dia ngerti kita maunya apa hehe. Spicy padthai ditambah cabe bubuk, sedaaaapppp bgttt! Ga cukup makan 1 bungkus nyamnyaaam….

IMG_4265

5. Chao Phraya Cruise

Makan malam romantis (tsaaah!) di atas kapal yang berlayar di Sungai Chao Phraya yang cantik is one of unforgettable moment in my life! Makanannya halal, banyak banget pilihannya, all you can eat, semuanya enak, dan sambil diiringi live music.

Saya mengambil tomyam tentunya, udang goreng, kerang, padthai, dan puding karamel. Nyamnyamnyam enaaaaaak! Sambil makan sambil liat jendela kapal yaa, cantik banget pemandangannya :3 kalau sudah selesai makan, jangan lupa ke geladak kapal untuk foto-foto.

IMG_4199

the Cruise

IMG_4129

makanan-makanan enak memanggil-manggil perutku 😀

IMG_4128

rendi dari travel, saya, dan mama

6. Makanan halal di Rachaprasong Shopping District (‘Orchard Roaad’nya Bangkok)

Di Rachaprasong Shopping District berjejer mall-mall besar dengan isi segudang barang branded, seperti Siam Paragon, Central World, MBK, Siam Center, Siam Discovery (yang ada Madame Tussauds nya), dll.

Lagi asyik shopping tiba-tiba lapar? Bingung makanan halal dimana? Segeralah menuju MBK! Bisa jalan lewat skywalk atau naik skytrain menuju National Stadium Station. Food court lantai 5 MBK menyediakan makanan arab yang tentunya halal, harga makanannya juga terjangkau, jangan lupa cobain thai tea juga yaa seharga 55BHT/gelas.

7. Ketan Mangga dan Ketan Duren

Apa ini? Bukannya ketan juga banyak di Indonesia? Eits coba dulu baru boleh komentar hihihi. Terletak di food court lantai 6 MBK, ketan duren dijual dengan harga 60BHT/porsi mantaaaaaaap banget rasanya, ga cukup deh makan 1 porsi, sayang ga boleh dibawa pulang. Yang boleh dibawa pulang ketan mangga yang harganya 140BHT/porsi. Mangganya melimpah, enaaak, tapi saya lebih suka ketan durennya…..

IMG_4250

ini dia si ketan duren favorit, ketan mangganya ga sempat difoto, sampai di hotel langsung ludes hehe

8. Thai Tea

Thai tea sachet dijual di supermarket, merknya Nestea, enak deh, suka banget, harganya sekitar 50ribuan dalam rupiah. Buat penggemar tomyam, jangan lupa juga buat beli bumbu tomyam instan asli dari Thailand yaa.

20130827_072315

Nestea Thai Tea sachet

xoxo

Advertisements

About SHABRINA

Bonjour tout le monde! Je m'appelle Shabrina. Je suis géologue. Actuellement, j'habite à Jakarta. J'adore voyager, faire du sport, manger, regarder les films et la télé, écouter de la musique, et expérimenter une nouveauté. Enchanté!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s