Halliburton Selection Test

Standard

Hi readers, how are you? Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman tes seleksi Halliburton. Siapa sih yang ga kenal sama Halliburton? Yap, one of the world’s biggest service company.

Jadi ceritanya saya melamar untuk posisi FE (Field Engineer) Halliburton melalui web ITB Career Center pada sekitar akhir November/ awal Desember. Persyaratannya ada transkrip, TOEFL, cv, cover letter, dkk, pokonya cek baik-baik yaa, jangan sampe ada yang kelewatan. Karena skip 1 requirement aja, bisa berakibat tidak dipanggil tes.

Tanggal 9 Januari 2014, saya mendapat email undangan untuk mengikuti tes seleksi Halliburton. Tes akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2014, bertempat di Polban, Bandung. Saya pun rela membolos dari les IELTS demi pergi ke Bandung, mengikuti tes seleksi tersebut.

21 Januari 2014, saya bangun agak kesiangan, siap-siap malas-malasan, akhirnya saya baru tiba di Polban pukul 08.00. Udah rame banget sih, tapi belum mulai kok. Orang-orang masih duduk-duduk lucu sambil ngobrol-ngobrol. Ga lama kemudian, meja absensi pun dibuka. Di meja absensi ini kita cuma perlu menenukan nama kita dan paraf. Selanjutnya, kami pun mulai menunggu di depan ruangan tes. Akan tetapi sudah lama sekali kami berdiri, pintu tak kunjung dibuka juga, masih sempet banget ni buat bolak-balik ke toilet berkali-kali haha, biasalah kalo deg-degan.

Akhirnya, sekitar pukul 10, pintu pun dibuka. Sesampainya disana, kami duduk dan diberi briefing secara umum apa itu Halliburton dan PSL mana sajakah yang saat ini sedang membutuhkan karyawan, dan kami pun dijelaskan bagaimana jobdesc PSL tersebut.

Setelah presentasi selesai, tes tulis pun dimulai. Tesnya ada bahasa inggris reading dan grammar (mirip tes TOEFL PBT), matematika, dan logika. Soalnya banyak dan waktunya kalo ga salah cuma 1.5 jam. Pertama-tama saya mengerjakan soal Bahasa Inggris dulu sampai selesai, kemudian matematika juga sampai selesai, dan 10 menit terakhir saya baru mulai mengerjakan Logika. Liat 3 soal teratas, hmm ga bisa ni, balik dari bawah sama aja gabisa juga. Yaudahlah apa boleh buat, saya tembak saja semua jawaban sama dari nomer 1 sampai 25 hehe. Dan saat waktu habis pun semua nomer sudah diisi, tidak ada yang kosong.

Selanjutnya kami istirahat, makan, dan juga solat zuhur. Sekitar pukul setengah 3, hasil tes tulis pun diumumkan. Alhamdulillah saya lolos ke tahap selanjutnya, yaitu FGD. Saya berada di kelompok 5 FGD, yang berarti saya harus langsung masuk ruangan lagi saat itu juga. Kelompok saya saat itu mendapat kasus cementing, dimana sebetulnya tidak ada satupun dari kami yang mengerti perihal cementing. FGD kelompok kami dinilai oleh 2 orang user Indonesia dan 1 orang bule. Selesai diskusi, kami pun mempresentasikan jawaban kami di depan mereka, kemudian ditanya2 sampai kami menyerah haha, dan akhirnya bapak bule yang baik pun memberitahu kami apa yang sebaiknya kami lakukan dalam kondisi demikian. Alhasil, kelompok kami keluar terakhir dari ruangan hehe.

Setelah FGD selesai, saya megantri lagi di meja registrasi untuk menyerahkan CV softcopy. Setelah itu saya pulang deh sambil banyak-banyak berdoa, semoga nanti malam saya mendapat email yang menyatakan bahwa saya lolos FGD.

Tengah malam 22 Januari 2014, ada notification email di hp saya. Ketika saya buka ternyata dari Halliburton yeay Alhamdulillah! Isinya adalah undangan untuk hadir pada interview HR dan user, yang belum dikasih tau jadwalnya. Karena saya takut dapet jadwal interview besok pagi, maka saya putuskan saya tidak jadi pulang ke Jakarta pagi itu, dan akhirnya setelah kelamaan mikir saya kembali ke Jakarta di siang harinya, bolos les IELTS lagi deh 2 hari…

Tengah malam 23 Januari 2014, hp saya berisik sekali ditelfon-telfon oleh teman saya yang mengabari bahwa sudah diemail jadwal interview nya. Untunglah dia berisik nelfon-nelfon, soalnya email tersebut harus dikonfirmasi saat itu juga. Akhirnya saya pun berangkat langsung dari Jakarta setelah subuh menuju Hotel The Trans, Bandung.

Menunggu sebentar disana, tiba giliran saya untuk interview HR, disini saya ditanya ingin bergabung dengan PSL apa. Karena menurut saya yang paling berhubungan dengan background saya ada wireline, maka saya memilih PSL tersebut. Kemudian saya ditawarkan juga apakah mau coba interview untuk PSL baroid dan cementing, saya mau baroid namun tidak untuk cementing karena jobdesc nya sangat-sangat melenceng jauh dari background saya.

Saya akui saya sangat-sangat mengecewakan ketika interview dengan user wireline, karena tanpa persiapan dan mendadak, saya tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik. Namun di akhir interview, Bapak user sempat mengatakan “baiklah, cv kamu saya ajukan ke manager log analyst yaa, karena TA (tugas akhir) kamu kan tentang log” sedangkan orang lain biasanya disuruh memilih mau log analyst atau FE? jadi merasa sedikit senang sih dengan kata-kata bapaknya ini hehe.

Interview dengan user baroid dilakukan setelah makan siang. Makan siang nya di resto hotel bersama para karyawan Halliburton, senaaaaang! Interview baroid berjalan lebih mulus (menurut saya) karena yang ditanyakan seputar cv dan kesiapan saya bekerja di lapangan. Tentunya sebagai mahasiswa geologi, saya harus siap untuk ditempatkan di lapangan.

Interview selesai, saya pun kembali ke Jakarta. Usaha sudah, tinggal berdoa diperbanyak. Namun hingga saya membuat tulisan ini, 2 bulan setelah saya diinterview user, tidak ada kabar-kabar apapun dari pihak Halliburton. Mungkin belum jodohnya atau mungkin belum dipanggil saja, saya juga tidak tahu. Semoga Allah memiliki rencana terbaik untuk saya di balik semua ini, bismillah…..

About SHABRINA

Bonjour tout le monde! Je m'appelle Shabrina. Je suis géologue. Actuellement, j'habite à Jakarta. J'adore voyager, faire du sport, manger, regarder les films et la télé, écouter de la musique, et expérimenter une nouveauté. Enchanté!

5 responses »

  1. mba apakah gak ada ikatan kalo yang lolos scholarship pas udah lulus s2 nanti bakal keja di total juga?apa kita tetep nyari2 kerja sendiri?

    Makasih mba

    • Halo! Salam kenal 🙂
      Setau saya tidak ada ikatan semacam itu mba, tapi nanti ada kesempatan magang beberapa bulan sambil mengerjakan thesis di total/ oil&gas company lainnya di Perancis kalo ga salah.
      Semangaaat!

Leave a Reply

