Total Group Scholarship (TGS)

Standard

Dear readers, apa kabar? Lama ga ngepost, masih banyak hutang pula cerita 10 hari di kotanya Arsenal dan Chelsea, seminggu di Bangkok, dan tentunya review wisata kuliner selama saya di sana. Dunia perTAan, sidang, dan graduation day juga belum diceritain. Banyak banget ya hutang saya….

Saya pengen cerita ni, tapi bukan soal hal2 tersebut di atas. Saya pengen cerita yang sedih-sedih, yaitu pengalaman mencari kerja yang belum kunjung dapet, dan juga beasiswa. Udah 5 bulan jadi pengangguran (kata salah seorang teman saya, namanya jobseeker bukan pengangguran, whatsoever deh hehe).

Jadi ceritanya selama menganggur sejak 16 Oktober yang lalu, tes pertama yang saya ikuti adalah TGS (Total Group Scholarship). Jadi ceritanya saya ga ada niatan ni sebelumnya untuk melanjutkan S2, tapi apa mau dikata, nyari kerja buat Bachelor of Geology kok susah amat yaaa. Akhirnya, saya putuskan lah untuk apply beasiswa S2 Total ini.

Suatu hari di bulan Desember 2013, tepatnya tanggal 5, saya mendapatkan info bahwa ada bukaan untuk apply beasiswa Total yang deadline nya adalah tanggal 9. Mepeeeeet banget ya Allah…. Tapi dengan semangat 45 akhirnya seharian di tanggal 6nya saya ngebuuuuut banget ngerjain essay dan melengkapi semua persyaratan yang Total minta (sayangnya saya lupa persyaratannya apa aja, oyaa yg paling saya inget adalah TOEFL 550) dan Alhamdulillah berkas pun bisa dikumpulkan di IRO ITB tepat pada hari terakhir pendaftaran, 9 Desember 2013.

Beberapa hari kemudian, saya diemail oleh ITB Career Center, bahwa saya Alhamdulillah sudah lolos seleksi tahap I yaitu screening berkas, dan diundang untuk menghadiri seleksi tahap II yaitu FGD pada tanggal 16 Desember 2013.

Senin, 16 Desember 2013, saya datang pagi-pagi ke GKU Timur ITB untuk menghadiri presentasi dari Total yang dilanjutkan oleh FGD. Datang cukup telat, duduk di belakang, sibuk sendiri gatau ngapain, alhasil saya ga mendengarkan presentasi dengan baik. Setelah presentasi selesai, jadwal FGD pun ditempel. Saya mendapat jadwal FGD sore hari ini.

Sore hari di tanggal 16 Desember 2013 sekitar pukul 16.00, saya masuk ruangan bersama 6 orang peserta lain dan 2 orang mbak HR, FGD pun dimulai. FGD berlangsung sangat-sangat lancar (FGD terenak yang pernah saya lakuin, hmm sebenernya baru 3x sih ikut FGD haha), dan kami bertujuh pun dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya yaitu interview HR, Alhamdulillah… Hasil FGD langsung diumumkan sore itu juga (sekitar pukul 17.00). Saya mendapatkan jadwal interview pagi hari di tanggal 19 Desember 2013.

Kamis, 19 Desember 2013, pukul 7.30, saya sudah tiba di kantor ITB Career Center, GKU Timur. Jadwal interview saya adalah pukul 08.00. Saya ingin memberikan impresi baik kepada mbak HR dengan hadir tepat waktu. Interview berjalan dengan hmm gimana yaa saya juga gatau itu dikategorikan gimana? Namun di akhir interview, saya ditanyakan soal presentasi di hari Senin. Ya Allah, mengarang bebas lah saya sampai diketawain sama mbak HRnya, malu2in bangeeeetttt…. Pelajaran ya teman-teman, dengarkan presentasi dengan baik, kalo masih banyak waktu juga googling2 soal Total yaa jangan lupa. Pesan terakhir dari mbak HR: “Shabrina, ini TOEFL kamu udah cukup sih, tapi kok masih prediction ya? Siapin TOEFL beneran yaa, kalo-kalo nanti kamu lolos ke panel, pasti bakal ditanyain”.

Hasil interview HR akan diumumkan pada akhir Februari (tetapi sempat delay sekitar 1 mingguan pada akhirnya). Oleh karena masih lama, maka saya pun berniat untuk mengambil kursus intensif 2 minggu IELTS. Kenapa IELTS? Kenapa kok ga TOEFL aja? Karena menurut teman saya yang pernah mengikuti kedua kursus, mendapatkan score IELTS lebih mudah dibandingkan TOEFL. Dan berdasarkan saran dari beberapa teman, maka akhirnya saya putuskan untuk mengambil kursus 2 minggu di IALF, Kuningan mulai 20-30 Januari 2014.

Selesai kursus, saya mulai hunting jadwal dan tempat tes IELTS. Dikarenakan IALF lakunya kebangetan, maka jadwal tes pun sudah fully booked sampai bulan Maret. Saya putuskan untuk take test di British Council. Test nya di Universitas Paramadina, Energy Building, SCBD. Hasilnya keluar 2 minggu kemudian, dan Alhamdulillah saya dapat 6.5 dan tidak ada nilai di bawah 6. Gapapa deh ga gede2 banget, asalkan udah fulfill requirement. Dan saya bersyukur sekali tidak test di IALF, karena teman-teman les saya yang ambil test di IALF nilai writingnya pada 5.5 semua…..

12 Maret 2014, tiba-tiba ada email masuk, dan ketika saya cek jeng jeng email dari mbak HR Total yang mengabarkan bahwa saya diundang ke tahap seleksi selanjutnya dan yang terakhir, tahap interview panel. Yeaaay Alhamdulillah ya Allah! Interview akan berlangsung jumat besok tanggal 28 Maret 2014. Doakan aku ya teman-teman, semoga bisa menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan sebain-baiknya, amiiiiin! Bismillah.

Oyaa, kalo saya insha Allah bisa dapet beasiswa ini, saya akan melanjutkan studi S2 saya di IFP (Institut Francis du Petrole), Paris. Jurusannya Petroleum Geosciences. Kenapa milih ini? Pertama, karena nyambung sama background saya sebelumnya. Kedua, karena IFP ini keren banget deh kalo soal Petroleum Geosciences. The last but not the least, class will be held in English! Tapi meskipun demikian, saya masih harus belajar bahasa Perancis, karena visa student Perancis membutuhkan sertifikat bahasa Perancis B-1 (kalo ga salah kelas intermediate)

Hutang yang selanjutnya belum lunas, tapi saya mau bikin hutang baru lagi hehe. Selanjutnya mungkin saya akan share pengalaman saya di tes Halliburton, BP, Schlumberger, dan juga BPS Pertamina. Ini ada yang udah lewat, ada yang baru coming soon. Yang masih coming soon mohon doanya yaa supaya bisa segera diterima jadi karyawan, amiiiin!

Advertisements

About SHABRINA

Bonjour tout le monde! Je m'appelle Shabrina. Je suis géologue. Actuellement, j'habite à Jakarta. J'adore voyager, faire du sport, manger, regarder les films et la télé, écouter de la musique, et expérimenter une nouveauté. Enchanté!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s