Student Volunteer – Intenational Conference & Exhibition (ICE) AAPG 2013 @ Singapore

Standard

Pada postingan yang kedua ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya selama berada di Singapore menjadi student volunteer di acara ICE AAPG 2012, yang berlangsung dari tanggal 16-19 September.

16 Sept. Setelah solat subuh, saya berangkat ke bandara diantar ayah dan mama. Sesampainya di terminal 3 saya langsung cepat-cepat check-in supaya bisa bergabung dengan teman-teman lain yang sudah sampai terlebih dulu. Jam 07.15 pesawat meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta menuju Changi International Airport terminal 1. Di sana kami bertemu dengan teman lainnya yang telah sampai lebih dulu. Kemudian kami semua menuju ke Bay Hotel (thanks to the sponsor!) menggunakan MRT.

Image

Menunggu MRT bersama koper-koper (ki-ka: Yuda, Chita, Tika, Seba, Shabrina)

Sesampainya di hotel, Tika menyadari bahwa paspornya hilang, nah jangan ditiru ya teman-teman kecerobohan ini, paspor adalah nyawa kita selama kita bepergian di luar negeri. Tanpa paspor kita tidak bisa kembali ke tanah air. Dan ternyata paspor Tika tertinggal di money changer di bandara, untungnya ada kloter keberangkatan selanjutnya (Raini dkk). God save Tika 🙂

Setelah selesai dengan urusan check-in di hotel kami pergi untuk makan siang di VivoCity, di seberang hotel. Selanjutnya kami foto-foto sebentar di rooftop VivoCity dan segera menuju stasiun MRT untuk menuju tempat conference, Marina Bay Sands.

Image

Rooftop VivoCity

Registrasi conference selesai, datang opening, muter-muter dan melihat-liat booth di exhibition sudah, saya dan Chita jalan-jalan deh di Marina Bay Shopping Centre. Wohooo!

17 Sept. Pagi-pagi sekali Tsania, my roommate, sudah bangun, mandi, dan pergi menuju tempat conference, karena Tsania bertugas pagi ini. Saya santai-santai, sarapan menjelang siang bersama Seba. Saat sarapan inilah saya berkenalan dengan teman baru sesama anak ITB, beda jurusan, Radit-Fisika 2008.

Selesai sarapan, saya dan Seba pergi menuju Marina Bay. Sayangnya, kami naik MRT dengan jalur yang hmmm nggak salah sih, tapi yak kok nggak sampe-sampe ya hehehe. Tidur udah, foto-foto udah, semuanya udah, tetep aja nggak sampe-sampe #lebay.

Sesampainya di Marina Bay, kami langsung memasuki ruangan-ruangan tempat presentasi paper sampai jam makan siang. Setelah jam makan siang kami jalan-jalan melihat booth di exhibition sampai sore. Dan pada malam harinya kami pergi ke Chinatown untuk membeli oleh-oleh.

Image

Foto dulu ah di sela-sela pergantian paper presenter (ki-ka: Shabrina, Tika, Seba)

Image

Chinatown (ki-ka: Choo (teman baru dari Malaysia), Raini, Chita, Dony, Shabrina, Seba, Tika, Yuda, Tsania, Aldy, Radit)

18Sept. Kali ini giliran saya yang bangun pagi-pagi sekali, mandi, dan pergi menuju tempat conference, karena pada pagi ini saya akan menemani Seba bertugas di meja registrasi dan kemudian pada jam 9 gantian Seba yang menemani saya bertugas di poster session. Setelah kewajiban selesai ditunaikan, maka saya, Aldy, dan Yuda pergi untuk berjalan-jalan di sekitar lokasi conference.

Image

Bertemu teman-teman baru saat bertugas (ki-ka: Shabrina, teman dari Papua namanya lupa huhu, Paul (teman baru dari Nigeria), Seba)

Image

Merlion Park

Image

Minggu ini F1 digelar di Singapore, fans Ferrari ini jauh-jauh datang dari US.

Sore harinya kami menghadiri Students Meet and Greet dan setelah acara selesai tadinya kami akan makan malam bersama Pak Mino (our structural geology lecturer, who give poster presentation in this conference), tetapi tawaran dari Pak Herman Darman (alumni Geologi ITB tahun 80an) lebih menggiurkan, jeng jeng rooftop Marina Bay Sands! Wohooo!!

Image

Meet and Greet, foto bersama teman baru yang berasal dari Swiss, namanya lagi-lagi lupa.

Image

Rooftop Marina Bay Sands 😀 bersama Pak Herman darman (yang paling kanan)

Seteah puas foto-foto di rooftop, kami pergi menuju Mustafa untuk membeli oleh-oleh.

19Sept. Sudah bosan dengan conference mihihi, waktunya jalan-jalan menuju Sentosa Island dan Orchard Road.

Image

Sentosa Isand

Image

Orchard Road

Setelah puas jalan-jalan, kami kembali menuju jalan kebenaran, yaitu tempat conference hehe, untuk menghadiri closing dan perpisahan dengan Radit, karena ini adalah terakhir kalinya kami bersama-sama dengan Radit di Singapore (Radit akan pindah ke hotel tempat papanya menginap sekarang). Daah Radit, see you in Bandung…

Image

Ki-ka: Radit, Aldy, Yuda

Dan karena ini adalah malam terakhir kami di Singapore, yuk mari ikut kami berjalan-jalan (jalan kaki jauh sekali) keliling-keliling Marina Bay.

Image

Banyak yang lari sore di jembatan ini loh, coba liat itu di sebelah kanan ada apa hayo? Iya betul sekali, Singapore flyer!!

20Sept. Sarapan terakhir kalinya di hotel, hiks… Berkemas, check out, dan meninggalkan hotel dengan narik-narik koper lagi menuju stasiun MRT untuk pergi ke IKEA. Ngga tau kenapa ke Ikea, pengen aja sih hahaha.

Tidak bisa berlama-lama di IKEA karena takut tertinggal pesawat kembali ke Indonesia. Menuju Changi dengan taxi, check in, dan duduk di ruang tunggu. Dadah Singapore, semoga kapan-kapan kita bertemu lagi :* so nice country…

Note! Dear friends, acara-acara semacam ini, baik di dalam negeri ataupun luar negeri, bermanfaat banget loh. Nambah pengetahuan, dapet banyak informasi dari company-company, kenalan sama banyak temen-temen baru, dan hmmm… jalan-jalan ‘separuh’ gratis hehe. Soooo, jangan sampai kelewatan, ketinggalan, apalagi males datang dengan berbagai macam alasan ya 😉

Advertisements

About SHABRINA

Bonjour tout le monde! Je m'appelle Shabrina. Je suis géologue. Actuellement, j'habite à Jakarta. J'adore voyager, faire du sport, manger, regarder les films et la télé, écouter de la musique, et expérimenter une nouveauté. Enchanté!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s